PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAJARAN TILAWAH GURU SDIT UMMU’L QURO DEPOK

Ummu’l_quro_ depok I NEWS I “PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAJARAN TILAWAH GURU SDIT UMMU’L QURO DEPOK”

Allah SWT memberikan keutamaan kepada orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad yang berbunyi:

عَن عُثَمانَ رَضِىَ اللٌهُ عَنهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صٌلَى اللٌهُ عَلَيهِ وَسَلٌمَ خَيُركُم مَن تَعلٌمَ القُرانَ وَعَلٌمَهَ . ) رواه البخاري وابو داود والترمذي والنسائ وابي ماجه هكذا في الترغيب وعزاه الى مسلم ايضا لكن حكي الحافظ في الفضح عن ابي العلاء ان مسلما سكت عنه ).

Dari Utsman RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang belajar al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah)

Hari ini,Sabtu ( 7/08/2021) dari pukul 08.00-11.00 WIB, SDIT Ummu’l Quro Depok menggelar acara pelatihan bagi seluruh guru. Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan semakin mengokohkan semangat untuk belajar dan mengajarkan membaca Al Quran bagi peserta didik. Di dalam kesempatan ini pembicara memberikan metode pembelajaran atau disebut modul tilawah Al Qur’an yang merupakan panduan khusus yang dirancang oleh ust. Ian Rudianto,S.Pd.I. dengan langsung mempraktikan cara mengajarkan kepada bapak dan ibu guru.
Kegiatan ini di hadiri oleh kepala Bagian Pendidikan dan memberikan harapannya yang disampaikan saat sambutan yaitu peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran tilawah AlQuran melalui Modul Tilawah UQ sebagai bagian dari implementasi Quranic Character yang menjadi keunggulan SIT Ummul Quro Depok. Harapan itu sejalan dengan slogan Yayasan Ummul Quro Depok dalam mewujudkan tujuan sekolah dalam membina generasi Qur’ani yang hebat dan menginspirasi.

Modul disusun pertama kali pada tahun 2013 oleh Pak Ian, hingga tahun 2017 modul ini terus mengalami pengembangan hingga modul yang dipakai dalam Pembelajaran saat ini.
Metode dari modul ini adalah 2 T 1 M. Apa itu 2T 1 M?
T yang pertama adalah Talqin 1.3 : tahapan pembelajaran dimana guru memberikan contoh bacaan materi tilawah kepada peserta didik
Guru baca 1x murid baca 1x
Guru baca 3x murid baca 3x
Semua secara klasikal
T yang kedua adalah Tikrar 357 siswa diminta meniru bacaan materi tilawah dengan pola 357.
3 Tashih, 5 penguatan, 7 Evaluasi
1 M adalah Murojaah S3 tahapan dimana seluruh siswa diminta untuk mengulang bacaan materi tilawah secara bersama.

Hal yang penting dan utama dalam membaca Al Qur’an adalah sering nya praktek

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top