Menciptakan Ruang Kelas INSPIRASI di Sekolah Islam Terpadu Ummu’l Quro Depok

Sekolah merupakan rumah kedua bagi Siswa-siswi kita tercinta, dan ruang kelas merupakan ruangan privasi tempat mereka beraktivitas. Ruang kelas memiliki peran yang sangat penting dalam pengalaman belajar siswa. Beberapa fungsi ruang kelas bagi siswa yaitu :

  1. Sebagai tempat pembelajaran. Ruang kelas adalah lingkungan tempat siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman konsep-konsep baru. Selayaknya fasilitas dan desain ruang kelas akan mempengaruhi cara siswa berinteraksi dengan materi pembelajaran.
  2. Menginspirasi Kreativitas dan Inovasi. Melalui desain ruang kelas yang memotivasi dan menyenangkan akan dapat merangsang kreativitas siswa. Selain itu ruang kelas yang diberdayakan dengan elemen-elemen visual dan kreatif dapat membantu siswa berpikir di luar batas dan menemukan solusi inovatif.
  3. Fasilitas Belajar Kolaboratif. Ruang kelas yang dirancang dengan baik akan mendukung kegiatan pembelajaran kolaboratif. Salah satunya adalah penataan meja, kursi, dan fasilitas lainnya dapat mendorong diskusi, kerja kelompok, dan interaksi antar siswa.
  4. Mengakomodasi Kebutuhan Individu. Dengan desain fleksibel memungkinkan ruang kelas diatur ulang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran individu dan kelompok. Berbagai sudut dan area belajar dapat memberikan ruang bagi siswadengan gaya belajar yang berbeda.
  5. Menyediakan Sumber Belajar. Ruang kelas dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan akses mudah terhadap sumber belajar, buku, dan materi pembelajaran lainnya. Fasilitas ini dapat merangsang minat siswa untuk lebih aktif dalam membaca dan belajar.

Lingkungan kelas dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan fisik dan lingkungan emosi (Physical & Emotional Environment). Lingkungan fisik ruang kelas merujuk pada semua aspek yang terkait dengan desain, tata letak, dan fitur fisik dalam ruang kelas tempat pembelajaran berlangsung. Hal ini melibatkan elemen-elemen yang dapat memengaruhi pengalaman belajar siswa dan membentuk atmosfer kelas.

Lingkungan emosional ruang kelas merujuk pada aspek-aspek yang memengaruhi kesejahteraan emosional siswa dan atmosfer psikologis yang tercipta di dalam ruang pembelajaran. Lingkungan emosional yang positif dapat memotivasi siswa, meningkatkan keterlibatan, dan menciptakan kondisi yang mendukung perkembangan sosial dan emosional.

Lingkungan fisik dan emosi DI SIT Ummu’l Quro Depok dibangun melalui beberapa strategi, di antaranya :

  1. Pengaturan tempat duduk (seating arrangement) yang tepat. Formasi meja kursi tempat duduk terbaik adalah berkelompok dengan anggota 4 orang
  2. Ruang untuk bekerja kelompok
  3. Pojok belajar (learning station)
  4. Ruang penyimpanan untuk perlengkapan belajar
  5. Media dan sumber belajar (resources and materials) yang dibutuhkan siswa dan guru
  6. Display kelas yang terdiri dari :
    • Word wall
    • Hasil karya siswa
    • Display tematik
    • Peraturan & struktur kelas
    • Display Interaktif seluruh siswa
    • Behaviour chart
    • Reward chart
    • Emotional Check in
  7. Kerapihan, kebersihan dan keindahan tentunya menjadi kunci dari penataan ruang kelas yang baik.

Dalam rangka mewujudkan ruang kelas INSPIRASI tersebut, SIT Ummu’l Quro Depok memfasilitasinya melalui program monitoring dan evaluasi lingkungan kelas dengan Learning Walk yang dilaksanakan secara rutin. Kegiatan Learning Walk ini fokus dalam pengamatan lingkungan kelas fisik dan emosi. Bapak dan Ibu Guru serta seluruh siswa terbukti mampu menampilkan dan menciptakan ruang-ruang kelas yang keren dengan kekhasan masing-masing.

Semoga semangat ini terus ditumbuhkan menjadikan kelas-kelas di SIT Ummu’l Quro Depok sebagai kelas inspirasi. Harapan kami, ruang-ruang kelas ini mampu menjadi tempat mereka menimba pengalaman belajar dan menemukan inspirasi dalam kehidupan siswa-siswi Ummu’l Quro Depok.

(Siti Rukoyah – Wakil Pengurus Harian Yayasan Ummu’l Quro Depok)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp