GELARAN AKBAR HAFLAH HIFZHIL QUR’AN, PEMBINA YAYASAN SIT UMMU’L QURO DEPOK MEMBERIKAN APRESIASI KEPADA 283 PARA PENGHAFAL AL QUR’AN

Dewan Pembina Yayasan, Ustadz Ali Fikri, Lc.,M.A. memberikan apresiasi penghargaan kepada pada penghafal Qur’an SIT Ummu’l Quro Depok

SIT Ummu’l Quro Depok kembali menyelenggarakan Haflah Hifdzil Quran pada Sabtu (18/5). Perhelatan akbar tersebut diikuti oleh siswa siswi dari tingkat TKIT, SDIT dan SMPIT. Pagelaran akbar yang bertajuk “Meraih Kemuliaan Hidup dan Syafa’at Bersama para Penghafal Al Qur’an” ini, dihadiri oleh Ustadz KH. Ali Fikri, Lc, M.A selaku Dewan Pembina Yayasan Ummu’l Quro Depok, pada kesempatan tersebut disela sambutannya beliau mengapresiasi secara langsung kepada 283 siswa/i penghafal Al-Qur’an yang terdiri dari 52 siswa/i TKIT, 90 siswa/i SDIT, dan 141 siswa/i SMPIT Ummul Quro Depok.

“Seorang anak cucu Nabi Adam apabila telah meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amal ibadahnya kecuali dari 3 sumber, yang pertama dari shodaqoh jariyah dan yang kedua dari ilmu yang bermanfaat dan yang ketiga anak yang sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya”, ungkap Ustadz Ali.

Beliau berpesan kepada orang tua  bahwa anak-anak yang sekolah di SIT Ummu’l Quro Depok dibekali dengan hafalan Al Qur’an yang nantinya akan menjadi pahala yang terus mengalir meskipun orang tua telah meninggal dunia. “Dari sekian banyak yang kami upayakan bahwa orang tua siswa yang menyekolahkan putra putrinya di SIT Ummu’l Quro Depok agar mendapatkan satu pahala yang terus mengalir yang dijanjikan oleh Rasulullah Salallahualahi Wassalam meskipun saat Kita sudah meninggal dunia”, jelas Beliau.

Beliau berharap tahfizul quran bukan hanya sekedar menjadi materi mata pelajaran unggulan di SIT Ummu’l Quro Depok akan tetapi dapat memberikan dampak yang luar biasa baik terhadap siswa dan pahala yang akan terus mengalir selama terus menjaga hafalannya baik saat di Ummu’l Quro maupun ketika kelak melanjutkan di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

“Bagi kami setiap huruf yang keluar dari anak-anakku sekalian, Kami selalu berdoa agar terus mendapatkan limpahan pahala dari apapun yang telah didapat anak-anak didik kami yang bersekolah di SIT Ummu’l Quro Depok”, terangnya.

Ketua Panitia yaitu Ustadz Poniman Laras Budi Raharjo, S.Pd menyampaikan dalam sambutannya bahwa rangkaian dari kegiatan haflah Haifzhil Qur’an ini sudah dimulai dengan kegiatan Tasmi’Bil Ghoib. “Bahwasanya peserta Haflah Qur’an ini adalah kelas akhir di SIT Ummu’l Quro Depok yaitu TKIT kelas TK B, SDIT kelas 6 dan SMP kelas 9, dimana rangkaian daripada kegiatan Haflah ini sudah kita mulai dengan kegiatan Tasmi Bil Ghoib yang SMP dilaksanakan pada tanggal 3 Mei kemudian untuk SD pada tanggal 8 Mei dan untuk TK pada tanggal 13 Mei”, ucapnya.

Beliau juga menyampaikan, capaian pembelajaran tahfiz rata rata semua siswa tercapai dan ada beberapa anak yang melampaui target. “Alhamdulillah, jadi TK targetnya surat An Naas sampai surat Al A’la dan dari 52  orang ada 1 orang yang dapat satu juz. Kemudian untuk SD targetnya 2 jus yaitu juz 29 dan 30, dari 90 siswa dan ada 9 siswa yang sudah mengikuti Tasmi Bil Ghoib. Alhamdulillah. Kemudian untuk SMP target hafalannya untuk kelas reguler itu 3 jus dan target hafalan tahfidz ada 5 jus untuk itu ada 13 siswa yang sudah melampaui target. Dan 10 siswa SMPIT yang kemarin sudah mengikuti Tasmi’ Bil Ghoib”, tambahnya.

Tampilan Siswa/i pada pagelaran Haflah Hifzhil Qur’an

Pagelaran akbar yang dikemas sangat menarik dengan nuansa syahdu lantunan ayat suci oleh para penghafal Al Qur’an ini, dihadiri oleh Dewan Yayasan Ummu’l Quro beserta jajarannya, Kepala Bagian Yayasan Ummu’l Quro Depok, Kepala Sekolah TKIT, SDIT, SMPIT, juga turut mengundang Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok yang diwakili oleh Kasie Kelembagaan Peserta Didik SD, Pengurus IGTKI Bidang Pendidikan, Pengawas SD, Pengawas SMP, Komite dari tingkat TKIT, SDIT dan SMPIT serta orang tua wali murid.

Acara dibuka dan dimeriahkan dengan nasyid Khotmil Qur’an dan dilanjutkan dengan Parade Tahfidz, sambutan, prosesi Haflah, pemberian penghargaan siswa terbaik yang telah mengkuti Tasmi’ Bil Ghoib sejumlah 20 siswa/i, sambutan perwakilan dari orang tua, Imtihan, Syarhil Qur’an dan taushiyah oleh Ustadz Ahmad Fajrie, S.Pd. (distek)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp