Standar Kompetensi Lulusan Profil Siswa HEBAT

Filosofi Pendidikan dan Standar Kompetensi Kelulusan

Pendidikan adalah segala upaya yang dilakukan untuk mempersiapkan siswa agar memiliki kesadaran, kemampuan, dan tanggung jawab untuk menjalankan misi kepemimpinan. Pendidikan bertujuan mengembangkan seluruh potensi baik (fitrah) anak agar mereka mampu memakmurkan kehidupan dalam tatanan hidup bersama dengan aman, damai dan sejahtera.

Menurut K.H. Ahmad Dahlan Pendidikan Islam hendaknya diarahkan untuk membentuk manusia muslim yang berbudi pekerti luhur, alim dalam beragama, luas pandangan, dan paham masalah ilmu keduniaan, serta bersedia berjuang demi kemajuan masyarakatnya. Untuk mencapai tujuan ini, hendaknya pendidikan Islam mengakomodasi berbagai ilmu pengetahuan baik umum maupun agama.

Definisi Standard Kompetensi Kelulusan (SKL) dan Kompetensi

Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) adalah kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan.

Sedangkan kompetensi adalah kemampuan berpikir, bersikap, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki pelajar. (Sumber : PERMENDIKBUDRISTEK RI No 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah).

Prinsip Sekolah Islam Terpadu

Ada beberapa hal yang merupakan prinsip di Sekolah Islam Terpadu, yaitu :

  1. Meyakini bahwa pendidikan Islam merupakan aktivitas dakwah
  2. Pendidikan diselenggarakan dengan tulus ikhlas, dedikasi yang tinggi, cara-cara yang bijak, dan dipandang sebagai kewajiban menjalankan perintah Allah SWT. (Q.S. An-Nahl [16]: 125) (Q.S. An-Nisa’ [4]: 58).
  3. Pendidikan pada hakikatnya adalah mengajarkan seluruh kandungan Islam baik dalam Al-Qur’an maupun sunah sebagai satu kesatuan Ilmu Allah.

Misi Sekolah Islam Terpadu

Misi Sekolah Islam Terpadu, yaitu :

  1. Menuntaskan sasaran pembelajaran yang dicanangkan pemerintah dalam konteks kurikulum nasional.
  2. Mengajarkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan standar tahsin dan tartil (membaca sesuai aturan hukum tajwid), dan kemampuan menghafal Al-Qur’an (tahfizhul Qur’an) dengan standar minimal dua juz setiap tingkatan satuan pendidikan.
  3. Memperkuat pembelajaran agama Islam, dengan memperkaya konten kurikulum yang mengarah pada pemahaman dasar akan ajaran Islam dan pembinaan fikrah, mauqif, dan suluk Islamiyah, serta sejarah peradaban Islam.
  4. Membina karakter peserta didik secara bertahap menuju terbentuknya generasi pemimpin yang cerdas dan takwa.

Tujuan pendidikan Sekolah Islam Terpadu adalah membentuk karakter utama kepada seluruh peserta didik yang meliputi 6 dimensi.

Kriteria Minimal Profil Pelajar SIT

Tujuan pendidikan Sekolah Islam Terpadu adalah membentuk karakter utama kepada seluruh peserta didik yang meliputi 6 dimensi.

  1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai islami dan pancasila;
    1. Rukun Iman
    2. Rukun Islam
    3. Rukun Ihsan
    4. Ihsan dalam beramal
    5. Akhlak kepada Allah dan Rasul
    6. Akhlak kepada diri sendiri
    7. Akhlak kepada orang tua dan keluarga
    8. Akhlak kepada masyarakat
    9. Akhlak kepada lingkungan
  2. Inklusif, Berbudaya dan Nasionalis
    1. Toleransi beragama
    2. Menerima perbedaan individu
    3. Tanggungjawab dalam bermasyarakat (multikultural)
    4. Jati diri sebagai warga global
    5. Menghargai kearifan lokal
    6. Mengembangkan budaya positif
    7. Cinta tanah air
    8. Bela negara
  3. Berukhuwah dan Peduli
    1. Ukhuwah islamiyah
    2. Ukhuwah wathaniyah
    3. Ukhuwah basyariyah
  4. Berkepribadian yang Matang
    1. Mengenali diri sendiri
    2. Mengenali potensi diri
    3. Kemandirian
    4. Kesadaran emosional
    5. Memiliki integritas (Shiddiq)
    6. Memiliki kompetensi (amanah)
    7. Komunikatif, Kerjasama (tabligh)
    8. Visioner, Visible (fathanah)
  5. Cerdas, Bernalar Kritis dan Digital
    1. Memiliki wawasan keagamaan yang luas (hafalan, sejarah dan dunia Islam, ilmuan muslim, islamic worldview)
    2. Memiliki prestasi akademik dan non akademik.
    3. Menguasai bahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
    4. Menulis karya ilmiah
    5. Analisis dan penalaran logis
    6. Refleksi dan pemahaman diri
    7. Memiliki kompetensi teknologi digital
    8. Penggunaan teknologi digital secara bijak
  6. Kreatif dan Terampil
    1. Menghasilkan ide/gagasan
    2. Karya inovatif
    3. Bersikap fleksibel
    4. Wirausaha
    5. Manajemen organisasi
    6. Keterampilan dasar sehari-hari

Profil Siswa HEBAT SIT Ummu’l Quro Depok

Sebagai dimensi SKL kekhasan SIT, Sekolah Ummu’l Quro Depok merupakan sekolah INSPIRASI yang membina generasi qur’ani sebagai upaya untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak dengan pendidikan yang terpadu yang meliputi pengembangan INtelektual, penguatan SPIritual, peningkatan keteRAmpilan, dan bersifat inkluSI (pendidikan untuk semua).

Harapannya, output siswa dari sekolah INSPIRASI  SIT Ummu’l Quro Depok dapat melahirkan siswa-siswi HEBAT, yaitu :

  1. Hanif yaitu Siswa mempunyai akidah yang lurus, ibadah yang benar, akhlak yang mulia, dan cinta al-qur’án
  2. Empati yaitu Siswa suka menolong, memiliki kepekaan sosial dan lingkungan, dan senang bekerjasama
  3. Kebhinekaan Global yaitu Siswa saling menghormati suku, ras, golongan bahasa dan bangsa, serta menjunjung tinggi nilai kebangsaan.
  4. Akademik Unggul yaitu Siswa memiliki kemampuan bernalar kritis, kreatif, komunikasi, cerdas berpikir ilmiah dan digital.
  5. Terampil yaitu Siswa memiliki kematangan diri, life skills, leadership dan wirausaha. (distek)
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *