Yayasan Ummu’l Quro Depok merupakan lembaga swadaya masyarakat yang didirikan oleh (Alm) H.M. Sanusi bersama Ust. H. Ali Fikri Fiyar, Lc, MA pada tahun 1996 berdasarkan akte notaris Ny. Trusti Hendrawati, SH No. 04 tanggal 31 Juli 1999 dan awalnya hanya bergerak di bidang perjalanan Haji dan Umroh.

Seiring berjalannya waktu, berawal dari sebuah keperihatinan dengan maraknya keluarga muslim yang menyekolahkan putera-puterinya di sekolah non muslim karena terbatasnya sarana pendidikan islami kala itu dan dalam rangka mensukseskan program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka kami terpanggil untuk mendirikan sebuah institusi pendidikan berbasis Islam dengan berbekal semangat membangun peradaban yang kelak melahirkan generasi hebat sebagai penerus masa depan.

Dimulai dengan keberadaan institusi Taman Qur’an Terpadu (TQT) yang didirikan pada 1 Juni 1996 di Jl. M. Ridwan Rais Beji Depok, Sebuah Ruko mungil yang kami desain menjadi pusat pembelajarannya. Perjalanan suka maupun duka merintis dan mengelola institusi ini terus kami syukuri sambil berupaya dan berdoa agar Allah SWT memudahkan langkah kami berdakwah di dunia pendidikan. Di penghujung tahun 2009 tepatnya tanggal 20 Desember 2009, TQT Ummu’l Quro Depok yang awalnya bernaung di bawah Departemen Agama secara resmi menggabungkan diri ke dalam wadah Departemen Pendidikan Nasional dan secara resmi berubah menjadi Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ummu’l Quro Depok

Perlahan dengan pasti ternyata animo masyarakat semakin besar agar kami membangun sekolah lanjutan bagi alumninya. Akhirnya di tempat yang sama pada tahun 1999 kami pun mendirikan Madrasah Islam Terpadu (MIT). Atas Rahmat Allah SWT dan dukungan dari berbagai pihak disertai segenap kemampuan yang kami miliki sebuah Komplek Pendidikan Ummu’l Quro Depok berdiri kokoh pada tahun 2000 di Jl. H. Sinda No.54 Beji Depok. Bangunan bercat ungu yang akan selalu mengingatkan para pendiri akan maknanya. Makna pantang menyerah tak ada rotan akarpun jadi. Selang berapa lama kemudian MIT Ummu’l Quro Depok yang awalnya bernaung di bawah Departemen Agama secara resmi menggabungkan diri ke dalam wadah Departemen Pendidikan Nasional dan secara resmi berubah menjadi Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummu’l Quro Depok.

Kini Yayasan Ummu’l Quro Depok atas izin dari Allah SWT sudah memiliki Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu sebagai wadah pendidikan lanjutan bagi alumni maupun siswa lainnya. Bangunan yang diresmikan langsung oleh Walikota Depok Bpk. Nur Mahmudi Ismail pada tanggal 17 Februari 2007 beralamat di Jl. Mandor Sanim Kukusan Beji Depok sangat cocok bagi pengembangan kemampuan intelektual, minat dan bakat siswanya.

Memasuki kurun dua dekade berbagai macam raihan prestasi telah ditorehkan, mulai dari SSN, Sekolah Adiwiyata, Sekolah Inklusif, peraih lomba Guru Inobel tingkat Nasional, Peraih lomba ISTEC (international Science Technology and Engineering Competition) dan seabreg prestasi lainnya. Tidak berlebihan jika kami telah membuktikan menjadi salah satu alternatif pilihan dibidang pendidikan bagi para keluarga muslim yang ingin menyekolahkan putra-putrinya.

Dengan motto “Membina Generasi Qur’ani yang hebat dan menginspirasi”, Ummu’l Quro Depok melangkah pasti menggapai ridho Ilahi melalui bidang pendidikan, insyaa Allah.

Selain lembaga pendidikan, kami bergerak pula di bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh sejak tahun 1996 dengan semangat “menghidupkan sunnah Rasulullah SAW dalam melaksanakan ibadah Haji”. Alhamdulillah animo masyarakat sampai saat ini cukup besar untuk bergabung melaksanakan rukun Islam yang kelima bersama KBIH Ummu’l Quro Depok.