RAPAT EVALUASI PENTING SEBAGAI MOTIVASI PROSES PEMBELAJARAN YANG LEBIH BAIK

Rapat Evaluasi Tengah Tahun Dibuka Oleh Ketua Pengurus Harian Bapak Rahadyan Wibisono, S.Psi, M.Si.

DEPOK – Alhamdulillah, Kamis (05/01) merupakan agenda di awal tahun 2024 untuk melakukan evaluasi pembelajaran mempersiapkan semester genap di tahun pelajaran 2023-2024. Rapat yang berlangsung dua hari ini dan dihadiri oleh guru dan seluruh pegawai yayasan SIT Ummu’l Quro Depok dengan agenda membahas mengenai evaluasi pelayanan pendidikan di sekolah.  Rapat evaluasi tengah tahun ini merupakan hal penting yang harus dilakukan  untuk mengevaluasi pelayanan pendidikan serta evaluasi kinerja di masing-masing unit pendidikan dengan membahas  rencana kerja untuk semester genap.  Berbagai evaluasi dan masukan tentu akan meningkatkan hasil kinerja mendatang yang lebih baik dari sebelumnya.

Kegiatan ini awali dengan sambutan yang disampaikan oleh Pengurus Harian Bapak Rahadyan Wibisono, S.Psi., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa rapat evaluasi ini sebagai acuan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan. “Tujuan diadakannya rapat evaluasi ini adalah sebagai bahan evaluasi terhadap apa yang harus diperbaiki di sekolah sehingga nantinya bisa dilakukan improvement ke arah yang lebih baik lagi”, tuturnya.

Yang menjadi point evaluasi dalam suatu organisasi yaitu kepuasan konsumen dan pelanggan, update PPDB, evaluasi kinerja pegawai dan evaluasi kinerja organisasi. Disampaikan pula terkait evaluasi dalam proses pembelajaran dan hasil survey kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan di sekolah.

Agenda selanjutnya untuk unit pendidikan yang terdiri dari guru TKIT, SDIT dan SMPIT diberikan materi terkait PLC (Professional Learning Community) yang dibawakan oleh ibu Siti Rukoyah, SP, M.Pd selaku Wakil Pengurus Harian. Harapannya, agar di sekolah ada komunitas belajar bersama untuk para guru sebagai wadah dan media berkolaborasi dan saling bersinergi satu dengan yang lain.

Selanjutnya para tenaga pendidik dibagi menjadi lima kelas kelompok komunitas belajar (kombel). Diantaranya kombel Kreasi Media dan Metode Pembelajaran, kombel Tahfidz, kombel Literasi, kombel Coaching dan kombel Public Speaking. Mereka belajar di masing-masing kelas dan tampak sangat antusias mengikuti komunitas belajar yang sangat seru ini.

Tenaga Pendidik Membuat Kelompok Kombel (Komunitas Belajar )

Hari kedua diisi dengan rapat kerja per unit. Adapun kegiatannya yaitu paparan kebijakan dan program kurikulum, evaluasi pembelajaran dan program di semester 1 serta pembahasan kurikulum di semster 2.

Paparan Kebijakan dan Program serta Evaluasi Pembelajaran di Masing-masing Unit

Harapannya, semoga rencana yang telah disusun dapat terlaksana dengan baik dan hasil evaluasi dapat memacu meningkatkan pelayanan  pendidikan yang terbaik untuk menghadirkan proses pembelajaran di sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif. (distek)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp