ITC seri 1 SIT Ummu’l Quro Depok

SESI 1 H. Rahadyan Wibisono, S.Psi, M.Si.
Stadium General Differentiation of Learning

Agenda ITC seri ke-1 sesi pertama ini mengetengahkan konsep pembelajaran berdiferensiasi. Konsep pembelajaran ini memberikan kesempatan pada siswa untuk memperoleh pengalaman belajar yang bermakna sesuai dengan kecenderungan gaya belajar dan tingkat pemahaman masing-masing siswa. Siswa memperoleh perhatian yang sesuai dari fasiltator pembelajaran (guru) serta peluang memilih konten belajar yang disukainya tanpa mengesampingkan konten wajibnya. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, siswa dapat dengan beragam cara mendapatkan informasi/pengetahuan baru, cara memahami serta cara mengekspresikannya.

Sesi kedua Hj Siti Rukoyah M.Pd.
Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan Diferensiasi

Menginjak sesi kedua, pembicara mengajak para guru hebat untuk sama-sama mendalami konsep pembelajaran berbasis diferensiasi pada tataran strategi, serta bagaimana caranya agar siswa mendapatkan pembelajaran yang menarik, bermakna dan bervariasi. Kata kunci dari konsep ini adalah tersedianya berbagai pilihan bagi siswa, sesuai minat, menarik, dan relevan dengan prinsip sebagai berikut:
1. Peluang pembelajaran haruslah menantang dan mencakup semua siswa, melayani berbagai
2. minat dan gaya belajar
3. Penilaian untuk pembelajaran (AFL) dan diferensiasi tidak dapat dipisahkan.
4. Harus memungkinkan pengelompokan yang fleksibel di mana siswa bekerja dengan berbagai teman kelas selama periode waktu tertentu.

Sesi 3, Bpk. Farid Ansori, S.Pt., M.Pd.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi pada Kegiatan Pembelajaran

Di sesi terakhir yang dipandu oleh Bpk Farid Ansori, M.Pd. ini kegiatan diisi dengan konsep pembelajaran berbasis diferensiasi pada tataran teknis. Pembicara mempraktikkan kegiatan pembelajaran matematika berbasis diferensiasi. Kegiatan belajar dikemas ke dalam empat pengelompokan kegiatan belajar yang siswa dapat memilih sesuai dengan kecenderungan gaya belajarnya masing-masing yaitu melalui pemutaran video, melalui kegiatan diskusi, melalui latihan soal, dan bernyanyi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top