FIELD TRIP, MENJADI AJANG BELAJAR YANG SERU DAN MENYENANGKAN

DEPOK – Alhamdulillah, di pagi yang sangat cerah, seluruh siswa-siswi SIT Ummu’l Quro Depok mulai dari jenjang TKIT, SDIT dan SMPIT berkumpul di Jakarta Global University (JGU) untuk melaksanakan Filed Trip. Kamis (9/11) dini hari, terlihat siswa mulai pukul 05.00 WIB telah memenuhi JGU untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan Field Trip. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat dinanti-nanti oleh siswa-siswi SIT Ummu’l Quro Depok dimana mereka dapat semangat belajar di luar kelas sambil berpengalaman seru bersama bapak ibu guru dan teman-teman lainnya.

Field trip menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi siswa untuk memperoleh ilmu secara langsung di lapangan (luar sekolah) yang  mengacu kepada beberapa aspek dalam pelajaran seperti Sains, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa, Seni Budaya, dan yang terpenting menanamkan tarbiyah islamiyah kepada siswa agar lebih mengenal dan dekat dengan Allah SWT. Oleh karena itu kegiatan field trip merupakan kegiatan alternatif dalam upaya membentuk siswa SIT Ummu’l Quro Depok menjadi muslim qur’ani yang memiliki wawasan yang luas (syamil) dalam hal akademik.

Kegiatan ini diawali dengan Opening Ceremony yang bertempat di masjid JGU. Seluruh siswa-siwi dari TKIT, SDIT dan SMPIT sudah  tampak memenuhi ruangan sambil menanti pelepasan keberangkatan menuju lokasi tujuan sesuai dengan target pembelajaran pada level kelas masing-masing. Selanjutnya sambutan dari Dewan Pembina Yayasan yaitu Bapak KH. Ali Fikri, Lc., M.A. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa field trip ini merupakan fild trip kedua setelah pandemi, dimana kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya. “Pada kesempatan ini merupakan Field Trip yang kedua setelah pandemi dimana kegiatan ini memang selalu dilakukan oleh SIT UQD dalam rangka yang pertama adalah melaksanakan apa yang Allah SWT perintahkan di dalam Al Quran”, ungkapnya.

Opening Ceremony oleh Dewan Pimpinan Yayasan Bapak KH. Ali Fikri, Lc., M.A. di JGU

“Jadi yang pertama mudah-mudahan field trip ini sesuai dengan perintah Allah yaitu berjalanlah kalian di muka bumi. Kita diperintahkan, setelah Allah ciptakan bumi kita diperintahkan untuk berjalan di muka bumi lalu di dalam perjalanan tersebut kita juga disuruh melihat bagaimana dan apa yang dimaknai oleh orang-orang yang telah kita temui dalam perjalanan tersebut. Mudah-mudahan salah satu caranya bisa di dapat di acara field trip kali ini. Yang kedua dalam perjalanan field trip ini perlu kedisiplinan oleh karena itu ikuti arahan dari bapak dan  ibu guru kalian. Yang ketiga jangan lupa apa yang telah kalian pelajari dicatat dan dipahami dengan baik dan benar mudah-mudahan bisa jadi bekal untuk kalian di masa depan”, pesan beliau.

Sesuai dengan tema field trip kali ini “Belajar Bersama, Jelajahi dan Temukan INSPIRASI untuk menjadi siswa HEBAT”, beliau menekankan bahwa Dewan Yayasan sangat mendukung acara seperti ini karena kegiatan ini memberikan pengalaman manfaat dan ilmu bagi siswa. “Kami dari dewan yayasan tentu saja sangat mendukung acara seperti ini. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan akan memberikan manfaat dan ilmu bagi anak-anak kita semuanya,” ujar beliau.

Ditemui sebelum acara Opening Ceremony, Komite SMPIT ibu Tuty Herawati mengatakan sangat mendukung pembelajaran di luar kelas seperti kegiatan field trip ini. “Saya melihatnya ini adalah hal yang positif, mudah-mudahan anak-anak bisa belajar dengan suasana baru dan mereka belajar banyak hal langsung kontekstual misalnya kelas 7 ke museum peta jd mereka tidak hanya membayangkan. Dan itu hal yang positif dan salah satu bentuk pembelajaran yg menyenangkan buat anak. Mudah-mudahan anak-anak bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, lancar prosesnya dengan cara belajar yang menyenangkan”, tuturnya.

Pemberangkatan dan Pelepasan Siswa SIT menuju Tempat Tujuan Pembelajaran

Ada 23 bis yang diberangkatkan dari titik berkumpulnya siswa SIT di Jakarta Global University. Tampak Dewan Yayasan melepas keberangkatan bis tepat pada pukul 06.00 WIB dengan keberangkatan pertama dari siswa TKIT. Disusul kemudian bis dari SDIT kemudian SMPIT. Ditemui saat usai pelepasan siswa-siswi SIT, Ketua Dewan Pembina Yayasan Hj. Ade Trisilawati, A.Md mengungkapkan bahwa kegiatan Field Trip diharapkan berjalan dengan lancar dan menyenangkan bagi siswa. “Alhamdulillah, Maa syaa Allah Tabarakallah mulai dari pembukaan lancar Alhamdulillah, mudah-mudahan selama proses field trip, anak-anak mendapatkan pembelajaran di tempat tujuan masing-masing, penuh dengan hikmah dan pembelajaran yang bisa diambil, anak-anak happy, belajar di tempat yg berbeda dari aktifitas sehari-hari”, ujar beliau.

            Tema Field Trip TKIT adalah My Educational Journey “Explore and Discover”. Perjalanan edukasi pada kegiatan Field Trip kali ini ke Kidzania untuk mengajak anak-anak bereksplorasi dan memperoleh pengalaman baru serta pemahaman mendalam dari setiap aktivitas yang mereka lakukan. Anak-anak berlatih mengenal berbagai profesi dan mengasah kemampuan life skill-nya. Keseruan di Kidzania nantinya akan meninggalkan banyak cerita suka yang dapat dibagikan anak-anak kepada orang tua di rumah.

Siswa TKIT Bereksplorasi Berbagai Profesi di Kidzania

Tak kalah serunya, SDIT juga membuat iklim pembelajaran yang menyenangkan dengan mengunjungi beberapa destinasi yang menarik. Kelas 1 mengunjungi Inagro agar siswa mengenal dan mencintai alam sekitar, urban farming, mengunjungi minizoo dan tubing. Kelas 2 ke Kampung Budaya Sindang Barang dengan mengaplikasikan  pelajaran seperti Seni dan Budaya, mengenal nama dan manfaat dari koleksi tumbuhan di Kampung Budaya Sindang Barang, cara merawat hewan serta membuat prakarya melukis kipas. Kelas 3 mengunjungi Monas dan PP-IPTEK sebagai sarana belajar sejarah serta sains yang dilakukan seperti tesla coil, roket air, rumah gempa, peneropongan matahari dan demo sains lainnya. Kelas 4 mengunjungi KPK untuk mengetahui tentang pentingnya sikap jujur dalam berperilaku di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat serta destinasi selanjutnya ke Sky World untuk mengetahui jenis-jenis planet dalam tata surya. Kelas 5 mengunjungi Museum Listrik dan Energi Baru serta ke Museum Bahari. Siswa belajar bagaimana sumber daya energi listrik yang diperoleh dan yang digunakan, perangkat teknologi yang digunakan untuk perubahan energi listrik serta mengetahui sejarah dan warisan budaya alat transportasi kemaritiman. Kelas 6 mengunjungi gedung DPR&MPR dan Agro Wisata Ragunan untuk mengenal struktur pemerintahan RI serta memahami tugas dan tanggung jawab pemimpin untuk kesejahteraan rakyat. Dii Agro Wisata Ragunan siswa beraktivitas menanam tumbuhan.

Keseruan siswa SDIT belajar melalui metode pengamatan langsung terhadap obyek atau sumber belajar

Tahun ini SMPIT mengusung tema “Menjadi Siswa Hebat yang kreatif, inovatif dan imajinatif melalui Pembelajaran secara kontekstual”, sebagai wujud optimalisasi pembelajaran di kelas melalui kegiatan observasi dan penelitian lapangan. Kegiatan field trip tahun ini akan mengunjungi tempat sesuai dengan MGK-nya masing-masing, yang dibagi dalam dua tujuan pembelajaran yaitu Seni Budaya dan Sains. Adapun destinasi yang dikunjungi untuk kelas VII adalah Pabrik Pocari Sweat (PT Amerta Indah Otsuka) dan Museum Peta, kelas VIII ke Bukit Baros dan kelas IX ke ATB IPB. Di PT. Amerta Indah Otsuka, siswa mengenal lebih dekat proses produksi minuman Pocari Sweet dan di Museum Peta siswa mengenal sejarah cikal bakal berdirinya Tentara Republik Indonesia. Kelas VIII ke ke Bukit Baros untuk belajar mengenai perkebunan, menanam tanaman, dan melihat proses pembuatan teh dan keju mozarella.  Kelas IX ke ATP IPB untuk belajar menanam sayuran hidroponik serta mengelola pertanian organik dan modern. Di Program Field Trip ini diharapkan dapat memberikan implikasi yang besar terhadap hasil belajar siswa dan menjadi penunjang pembelajaran materi di kelas, sarana mengenal lingkungan dan wawasan global.

Siswa SMPIT mengunjungi tempat pembelajaran dengan penelitian dan observasi lapangan

Pukul 16.30 tampak orang tua murid sudah memenuhi area parkir JGU untuk menanti dan menjemput siswa SIT dari kepulangan field trip. Terlihat kedatangan pertama adalah bis dari siswa TKIT. Raut wajah yang senang dan bahagia tampak dari siswa TKIT yang tidak sabar ingin bercerita pengalaman belajar yang menarik dan seru bersama teman-temannya. Begitu pula dengan orang tua siswa yang bersyukur melihat putra-putrinya kembali dengan selamat setelah mengikuti kegiatan field trip ini. Kegiatan fieldtrip ini akan berlangsung setiap tahunnya agar dapat memotivasi siswa untuk lebih semangat lagi dalam belajar dan mendapatkan pengalaman perjalanan bersama teman-teman dan bapak ibu guru. Semoga akan menjadi cerita yang akan dikenang dan memberikan semangat belajar bagi siswa SIT yang hebat dan menginspirasi. (distek)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp