Pengalaman Bermain Sambil Belajar – Virtual Play Date TKIT Ummu’l Quro Depok

By February 17, 2021TKIT, Yayasan

Alhamdulillah, acara Play Date atau Virtual Open House TKIT Ummu’l Quro terselenggara dengan lancar pada Sabtu, 13 Februari 2021. Acara ini diawali dengan penayangan video Company Profile, di mana dalam video tersebut berisi rekaman kegiatan pembelajaran siswa sebelum wabah pandemi ini.

Setelah menyapa seluruh peserta Playdate, maka acara dilanjutkan dengan pembacaan Tahfizh Surat Al A’laa oleh Ananda Hanum Aghna Adeeva dari kelas Big Train atau B2.

Adapun pembelajaran hafalan yang ditargetkan di TKIT Ummu’l Quro Depok berbeda-beda tiap jenjangnya. Untuk kelas PG anada menghafal dari QS. Al Fatihah sampai QS. Al Quraisy, untuk TK A, Ananda menghafal dari QS. Al Fiil hingga QS. Al Qadr sementara untuk TK B dari QS. Al Alaq sampai QS. Al A’laa. Dengan pembiasaan atau rutinitas menghafal, insyaa Allah, Ananda akan mudah dalam menghafal hafalan surat, do’a harian serta hadits yang diajarkan di TKIT Ummu’l Quro Depok. Dan ini telah kami laksanakan bertahun-tahun lamanya. Bahkan saat pandemi seperti ini, kegiatan ini masih rutin dan terlaksana dengan baik.

Acara dibuka oleh Kepala Sekolah TKIT UQ, yakni ibu Lela Afrilla, S.Pd. Beliau mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang mengikuti acara play date ini dan menjelaskan pentingnya mengasah enam aspek perkembangan anak usia dini yaitu aspek nilai agama dan moral, Bahasa, Kognitif, Motorik, Sosial Emosional dan Seni. Dalam acara play date inilah kemampuan enam aspek perkembangan tersebut dilatih.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembacaan hafalan surat Al Ikhlas oleh Ananda Raden Alfariza Rayhan Priyohandoko dari kelas Little Plane atau Play Group yang begitu menggemaskan. Ternyata anak usia play group juga sudah mampu membaca hafalan tanpa paksaan. Karena sejatinya kegiatan anak-anak usia dini adalah bermain sambal belajar, dan bukan sebaliknya.

Acara diisi dengan senam. Ibu-ibu guru yang memandu senam memulai gerakan-gerakan senam dengan iringan musik. Nampak para peserta antusias dan bersemangat mengikuti gerakan senam. Ada dua senam yang dilaksanakan pada acara kali ini yaitu senam ceria dan senam Korea.

Selanjutnya bersiap dengan kreasi Plating Bento yang keren. Dimulai dari mencetak nasi dengan mangkuk kecil berbentuk lingkaran untuk bentuk kepala panda. Dilanjutkan dengan menghias nasi tersebut dengan nori atau rumput laut yang diguntuk kecil-kecil berbentuk lingkaran dan persegi panjang. Selanjutnya ditempelkan ke nasi yang sudah dicetak tadi menjadi bentuk mata, hidung dan tangan panda. Kemudian menghias sekelilingnya dengan sayuran, telur dadar, telur puyuh serta nuget yang tersedia dan hasilnya sangat menarik.

Acara diakhiri dengan “Operet Hujan” yang diperankan oleh Ibu guru dan sahabat kecil TK. Operet ini diawali dari bergantinya background layar dengan gambar taman TKIT UQD yang indah.

Diawali dengan masuknya siswa-siswi yang sedang bermain dan membaca buku cerita, tak lama berselang, maka turunlah hujan. Pada sesi ini gambar background berubah menjadi turun hujan. Kemudian salah seorang anak mengeluh dan Nampak tidak suka karena turunnya hujan. Kemudian temannya mengingatkan bahwa hujan adalah rahmat dari Allah.

Tak lama berselang datanglah ibu guru yang mengenakan jas hujan menghampiri anak-anak tersebut. Sambil menjelaskan bahwa hujan adalah ciptaan Allah dan Ketika turun harus disyukuri, karena sebagai sumber kehidupan bagi makhluk di bumi. Setelah itu anak yang tadi mengeluh beristighfar dan menjadi mengerti bahwa hujan adalah rahmat dari Allah. Kemudian peserta secara bersamaan dipandu membaca “Doa Turun Hujan”.